2 Warga Sergai Sembuh Covid-19 dan 1 Positif

Share it:


Sei Rampah, JournalisNews.com - Dua warga Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang sebelumnya mendapat perawatan intensif akibat terpapar Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) akhirnya dinyatakan pulih. 

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai Drs. H. Akmal, AP, M.Si di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Sergai, Rabu (29/07/2020).

“Adapun warga kita yang sudah dinyatakan pulih adalah inisial M (30) dan DA (35), keduanya merupakan warga Pantai Cermin yang berasal dari kluster yang sama yaitu, salah satu perusahaan swasta di Kecamatan Pantai Cermin. Kita mengapresiasi kerja keras tim medis atas hasil positif ini dan berharap warga yang masih mendapat perawatan segera menyusul kesembuhan yang sama,” harap Akmal.

Namun, lanjut Akmal, di saat yang sama terjadi pula pertambahan jumlah kasus Covid-19 di peta sebaran Kabupaten Sergai. “Sesuai informasi yang kami peroleh dari Kepala Dinas Kesehatan Sergai, dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes, korban terbaru ini adalah seorang warga Kecamatan Perbaungan, inisial S, pria berusia 30 tahun,” sebut Akmal sembari menambahkan, korban sebelumnya merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di RS. Martha Friska, Medan.

Hasil dari PCR test yang bersangkutan yang dilakukan pada tanggal 24 Juli 2020 dan kemudian dirilis tanggal 27 Juli 2020 oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara menyatakan jika korban positif Covid-19. 

“Tentunya kejadian ini langsung direspons oleh Gugus Tugas lewat Dinas Kesehatan dengan segera melaksanakan prosedur tracing terhadap orang-orang yang menjalin kontak erat dengan korban, terutama pihak keluarga. Di saat yang sama juga akan dilakukan penyemprotan disinfektan di radius yang dianggap sebagai area yang rawan penyebaran,” sebutnya.

Akmal kemudian merinci data terbaru di peta sebaran Covid-19 pasca kesembuhan 2 warga dan bertambahnya 1 kasus Covid-19. “Hingga saat ini jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang masih menjalani masa pantau selama 14 hari sebanyak 483 orang. Sedangkan yang sudah dinyatakan selesai sebanyak 977 orang. Jumlah PDP sebanyak 3 orang, 1 di antaranya berobat langsung ke faskes di Medan, 2 lainnya dirawat di faskes di Sergai, sedangkan yang sudah selesai pengawasan sebanyak 45 orang. Selanjutnya untuk yang meninggal yaitu 6 orang PDP, 2 orang ODP dan 1 orang positif Covid-19,” katanya.

Kemudian Akmal menyebutkan, total kasus Covid-19 di Sergai menjadi 41 orang dengan rincian 22 orang warga telah dinyatakan sembuh, 18 kasus positif Covid-19 sedang dalam isolasi dan perawatan intensif di RS rujukan serta 1 orang positif Covid-19 meninggal dunia. “Kita tetap sama-sama berharap dan berusaha agar jumlah kasus positif Covid-19 bisa ditekan dan angka kesembuhan makin meningkat,” pungkasnya. (Alfian Haris)
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: