Sambut Hari Bhayangkara Ke 74, Wakapolres Pel. Belawan Kunjungi Panti Rehabilitasi Medan Plus

Share it:
Wakapolres Pelabuhan Belawan Kompol Herwansyah Putra,SH,M.Si didampingi Kasat Binmas AKP Gunawan,SH saat berkunjungan ke panti Medan Plus (foto,Abd Halil)

Deli Serdang, JournalisNews.com - Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke 74, Kepala Kepolisian Resor Pelabuhan Belawan Polda Sumut, AKBP Dr.Mhd Rahmani Dayan,SH,MH diwakili Wakapolres Pelabuhan Belawan Kompol Herwansyah Putra,SH,M.Si mengunjungi sekaligus memberikan pandangan dan arahan serta memberikan bantuan sembako ke yayasan panti rehabilatisi narkoba Medan Plus, yang berlokasi di Desa Salam Tani perbatasan Desa Kuta Tuala, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang. Minggu (27/6/2020).

Kegiatan kunjungan Wakapolres Pelabuhan Belawan Kompol Herwansyah Putra diawali dari berbincang - bincang dengan para pasien pecandu narkoba di panti rehabilitasi Medan Plus.

Berikutnya, Kompol Herwansyah dengan didampingi Kasat Binmas Polres Pelabuhan Belawan AKP Gunawan,SH memberikan petunjuk dan arahan kepada 39 pecandu narkoba yang sedang menjalani rehabilitasi di panti Medan Plus.

"Semoga masyarakat kita terhindar dari penyalahgunaan narkoba, sehingga Kamtibmas menjadi mantap, dengan situasi ini dan kita berharap kepada pemuda pemudi yang ada di panti rehabilitasi Medan Plus nantinya setelah kembali dari panti rehabilitasi ini menjadi manusia yang bertaqwa dan bebas dari penyalahgunaan narkoba," harap mantan Kasie Propam Polrestabes Medan itu.






Dikesempatan yang sama, Pimpinan Yayasan Panti Rehabilitasi Medan Plus, Totonta Kaban kepada
JournalisNews.com menjelas seputar jumlah pasien dan sistem serta tingkat kesulitan dalam melakukan rehab terhadap pecandu narkoba yang ada di Panti Rehabilitasi Medan Plus.

"Secara keseluruhan pasien yang sedang direhab di Yayasan Panti Rehabilitasi Medan Plus berjumlah 39 orang yang ada di panti rehabilitasi Medan Plus dan yang ada di Louci. Kami melayani rawat inap intensif, dengan lama rawatan tergantung dari tingkat keparahan kecanduan," jelas Totonta Kaban mengawali keterangannya.

Lebih lanjut ketua yayasan panti rehabilitasi Medan Plus itu menerangkan secara rinci terkait progam materi rehab terhadap para pasien pencandu narkoba yakni seperti diketahui narkoba itu menyerang 4 aspek kehidupan manusia Biologis, Sikulogis, Sosial dan Spritual. Jadi secara Bio fisik pasien akan dipulihkan dengan membangun dengan pola hidup yang sehat yang meliputi pola makan, pola tidur dan pola olah raga, waktu - waktu produktif. Kemudian pemulihan secara fisikologis pasien yang lalu sebelum kecanduan narkoba, jadi pasien bisa tenang, tidak mudah stres, mampu mengendalikan emosi.

Masih menurut Totonta Kaban, kemudian pemulihan sosial diharapkan pasien bisa berintraksi kembali seperti manusia yang normal pada umumnya. Yang muslim beritraksi dengan remaja Masjid, dengan Mahelis Taklim. Yang Nasrani dengan persekutuan Gereja - Gereja, dan secara spritual pasien dipulihkan hubungannya dengan Tuhan YME.

Disinggung masalah hambatan dalam pemulihan pasien pecandu narkoba yang ada di panti rehabilitasi Medan Plus, Totonta Kaban mengatakan beberapa teman - teman pasien pecandu narkoba masuk ke panti rehabilitasi Medan Plus bukan karena niat sendiri, ada karena keterpaksaan mungkin, ada yang tertangkap, ada yang dipaksa keluarga dan juga yang niat sendiri. Jadi kesulitan yang terjadi bagamana meningkatkan motifasi pasien untuk berubah dan meninggalkan narkoba dalam hidupnya.

"Dukungan dalam keluarga yang sangat diharapkan selama pasien menjalani rehab, keluarga juga ikut andil berperan aktif untuk mendukung mereka untuk pulih dari narkoba," harap Tontonta Kaban yang juga merupakan mantan pencandu narkoba juga, menurut pengakuannya kepada JournalisNews.com.

Diakhir penyampaiannya, Totonta Kaban bercerita bahwasanya Plus itu artinya Positif, pendiri Medan Plus, empat - empatnya mantan pecandu narkoba. Tiga diantaranya penderita HIV positif. Dan satu diantaranya sudah meninggal dunia. 

Kegiatan kunjungannya di Panti Rehabilitasi Medan Plus, Kompol Herwansyah dengan didampingi Kasat Binmas Polres Pelabuhan Belawan AKP Gunawan,SH dan personil Sat Binmas menyerahkan sembako kepada pengurus Panti Rehabilitasi Medan Plus, dan dilanjut dengan penyerahan plakat dari pimpinan panti rehabilitasi narkoba Medan Plus.

Terakhir, Kompol Herwansyah dan rombongan beserta awak media kru JournalisNews.com membubuhkan tanda tangan di spaduk yang disedia Medan Plus sebagai tanda bukti pernah berkunjung ke panti rehabilitasi Medan Plus.

Liputan khusus : Abdul Halil
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: