Ratusan Warga Asahan Di Malaysia Akan Segera Dipulangkan

Share it:


Kisaran, JournalisNews.com-Penjemputan TKI di Malaysia warga Asahan yang akan dilakukan Pemkab Asahan mulai terang. Rencananya sebanyak 210 orang TKI warga Asahan akan dipulangkan dalam waktu dekat ini.

Saat ini warga Asahan yang bekerja di negeri jiran tersebut telah berada disebuah tempat penampungan di sekitar pelabuhan Port Klang Malaysia. Mereka bersiap menunggu penjemputan dari Pemkab Asahan.

"Syukurlah Bang semua berkas untuk pemulangan warga Asahan telah selesai. Saat ini tinggal menunggu pemulangan ke Indonesia ",ungkap Indra Ringo (foto) salah seorang pihak Pemkab Asahan yang di Malaysia ketika dikonfirmasi, melalui seluler, Selasa, (30/6/2020).

Menurutnya,  ratusan warga Asahan yang terperangkap lock down tersebut tinggal menunggu penjemputan. Saat ini mereka telah dikumpulkan ditempat penampungan sementara.

Ditempat penampungan sementara itu, para warga Asahan itu telah menjalani pemeriksaan kesehatan. Sedangkan, biaya makan dan minum semua ditanggung oleh Pemkab Asahan. "Seharusnya besok sudah dilakukan penjemputan Bang.Tapi karena ada perbaikan berkas pihak imigrasi Malaysia, makanya mungkin delay (tunda) bang, "jelasnya.

Meskipun begitu mereka tetap berharap secepatnya dilakukan penjemputan oleh Pemkab Asahan. Karena mereka telah tidak sabar ingin berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

 "Alhamdulillah bang kami akan segera pulang ke kampung halaman. Soalnya sudah ada tanda-tanda pemulangan dilakukan Pemkab Asahan,"ujar Mak Boboy salah seorang warga Asahan.

Hal senada juga dikatakan, Rasyid  (32) warga Jalan Sisingamangaraja Kisaran. Menurutnya, mereka telah melakukan persiapan untuk pulang kampung. "Yah, pokoknya kita semua sudah siap pulang kampung Karena corona ini bang, "ujarnya.

Sementara itu, Ketua Forum Umat Islam (FUI) Kabupaten Asahan,Budi Irawan mengapresiasi kinerja Pemkab Asahan.  Dirinya mengaku senang dengan langkah penyelamatan yang dilakukan kepada ratusan warga Asahan itu. "Meskipun rencana penjemputan sedikit terlambat kita tetap mengapresiasi. Kepala daerah Asahan  telah memperlihatkan kepeduliannya kepada warganya yang butuh pertolongan, "katanya.

Dari kejadian ini masyarakat sudah bisa menilai bagaimana pemimpin yang pantas untuk dipilih. Sebagai pemimpin telah memperlihatkan kepeduliannya meskipun agak terlambat.



Apalagi, dari sisi kemanusiaan dirinya sangat miris setelah mendengar apa yang dialami warga Asahan itu. Pemerintah Kabupaten harus secepatnya mencari solusi untuk pemulangan para TKI tersebut.

Secara terpisah,Bupati Asahan, H.Surya BSc, ketika dikonfirmasi melalui Kadis Kominfo Asahan,Rahmat Hidayat Siregar mengaku Pemkab Asahan sudah mempersiapkan kapal untuk melakukan penjemputan.

Saat ini secara administrasi semuanya telah selesai dan tinggal melakukan penjemputan. Kemungkinan penjemputan akan segera dilakukan besok,”ujarnya. (Arnes Arbain Abdullah)

Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: