Karantina Pertanian Belawan Perketat Pemeriksaan Ribuan ekor sapi asal Darwin, Australia

Share it:

Belawan, JournalisNews.com - Ribuan ekor sapi asal Darwin, Australia tiba di pelabuhan Belawan pada hari Rabu (13/6) tepat pukul 20.00 Wib. Pejabat Karantina Pertanian Belawan periksa 1.417 ekor sapi bakalan di atas kapal KM. Brahman Ekspress.

Dikutip dari laman suaraburuhnasional.com, menyebutkan serangkaian tindakan pemeriksaan dilakukan, mulai dari pemeriksaan dokumen hingga pemeriksaan fisik, yang bertujuan untuk mendeteksi sapi bakalan tidak tertular HPHK (hama penyakit hewan karantina), seperti Brucellosis atau Trypanosoma.



Usai pemeriksaan fisik, pejabat karantina menerbitkan persetujuan bongkar dan surat perintah masuk ke instalasi karantina hewan, untuk dilakukan pengamatan atau pemeriksaan lebih lanjut.

"Pemeriksaan ini kami lakukan untuk memastikan bahwa sapi bakalan ini sehat dan aman," papar Hasrul, SP. M.M Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Belawan.

"Sebagai komoditas asal sub sektor peternakan, sapi yang masuk harus bebas dari HPHK. Sehingga semua sapi di wilayah Sumut bebas dari penularan HPHK," pungkasnya.

Daging sapi merupakan komoditas pertanian strategis yang perlu dijaga ketersediaan dan kestabilan harganya. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 82 tahun 2000 tentang Karantina Hewan, pejabat karantina pertanian bertugas untuk memastikan kesehatan dan kebenaran dokumen media pembawa yang dilalulintaskan.

Keterangan ini dikutip melalui Humas Karantina Pertanian Belawan.(Abd Halil/NS)
Share it:

medan utara

Post A Comment:

0 comments: