Edukasi Kampung Siaga Dorang, Polres Pel. Belawan 'Sulap' Kapung Tangguh Menjadi Ketahanan Pangan

Share it:
Kapolres Pelabuhan Belawan bersama tiga pilar saat meninjau kesiapan Kampung Siaga Dorang (foto,Abd Halil)

Deli Serdang, JournalisNews.com - Dalam rangka persiapan Kampung Tangguh Covid 19, atau disebut juga dengan 'Kampung Siaga Dorang' yaitu dengan tujuan mempersiapkan kampung - kampung yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakatnya sendiri. Demikian juga dalam mengantisipasi Covid 19, jadi kampung ini lengkap sudah ada semuanya mulai dari perangkat kesehatan, klinik pembantu, ruang isolasi dan dapur umum. Semua lengkap ada di Kampung Siaga Dorang termasuk tempat penyimpanan beras atau gudang beras.

Pernyataan tersebut dikatakan Kepala Kepolisian Resor Pelabuhan Belawan Polda Sumut, AKBP DR.Mhd Rahmani Dayan,SH,MH dengan didampingi ketua Bhayangkari cabang Pelabuhan, Ny. Hj.Elvi Sahara Dayan,S.Pd,M.Si saat memberikan keterangan pers kepada JournalisNews.com, disela - sela kegiatan pengecekan kesiapan Kampung Tangguh Covid 19 atau Kampung Siaga Dorang. Yang meliputi wilayah Dusun IV dan Dusun V Desa Lama, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, provinsi Sumatera Utara. Sabtu (2O/6/2O2O) sekira pukul O9.3O Wib.




Masih menurut mantan Kapolres Humbahas itu menjelaskan, Kampung Siaga Dorang diciptakan bertujuan menjadikan Desa Lama Kapung Tangguh Covi 19 menjadi Kampung Siaga Dorang siaga pangan termasuk sayur mayur, pemberdayaan hewan ternak, penghasil terlur bebek yang di wirausahakan dari masyarakat termasuk hasil masyarakat dari bertani. Serta pengadaan lumbung padi.

"Hasil dari pertanian masyarakat tersebut dimanfaat untuk kebutuhan sendiri dan juga jual keluar Desa. Polres Pelabuhan Belawanakan membantu memasarkan sayur mayur dengan harga baik, sehingga pendapatan masyarakat lebih baik dan sejahtera," kata AKBP Rahmani Dayan.





Sambungnya, dalam menghadapi Covid ini, masyarakat sudah siap semua dengan protokol kesehatan, pangan dan lain sebagainya sudah ada di Kampung Siaga Dorang.

"Kegiatan Kampung Tangguh ini sudah lama berlanjut, dan Polres Pelabuhan Belawan akan terus melanjutkan Kampung Tangguh ini menjadi Kampung Siaga Dorang," tegasnya.

Disinggung apakah Kampung Siaga Dorang ini ternasuk bagian dari program Polri, AKBP Rahmani Dayan menanggapi kegiatan pembentukan Kampung Siaga Dorang merupakan bagian dari program pemerintah dan Polri. Dalam menghadapi Covid 19, agar masyarakat mampu menangkal penularan Covid 19, mulai dari Desa ini, dan daerah - daerah lainnya, serta kota - kota lainnya.

"Sampai saat ini daerah khususnya Desa Lama ini sepanjang pantauan Gugus Tugas Percepatan Penularan Covid- 19, termasuk zona aman (zona hijau). Menurut informasi, belum ada satu pun masyarakat di Desa Lamat yang terpapar Covid 19," jelasnya.

Ditanya awak media prihal apakah Polri dalam hal ini Polres Pelabuhan Belawan akan berkontribusi dalam modal usaha petani, Kapolres Pelabuhan Belawan mangatakan, modal awal atau menyuplai diberikan dari Kepala Desa Lama. Namun pada prinsifnya Polres Pelabuhan Belawan akan membantu memberikan bantuan berupa bibit ikan dan sebagainya.

Terpisah, terkait edukasi pertanian masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid 19, kepada JournalisNews.com Kepala Desa Lama Muliono mengatakan pembentukan Kampung Siaga Dorang tujuannya untuk menjaga ketahanan pangan masyarakat Desa Lama dalam menghadapi pandemi Covid 19.

Ditanya awak media ini tentang pembiayaan pendanaan untuk pengoprasian pertanian dan lain sebagainya, Kepala Desa Lama Muliono menjelaskan dalam pendanaanya Kampung Siaga Dorang dengan menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) dari dana  Silpa (dana sisa) di Tahun 2019 digunakan untuk pembentukan Kampung Siaga Dorang. 

Sementara itu, Camat Hamparan Perak Eko Supriadi,S.Sos menjelaskan luas untuk lahan pertanian di Desa Lama mencapai 379 Ha. Sementara luas keseluruhan lahan pertanian di Kecamatan Hamparan Perak, mencapai 7000 Ha. Diharapan dengan begitu luas lahan pertanian yang ada di Kecamatan Hamparan Perak, hendaknya dapat menjadi Kecamatan Hamparan Perak menjadi Lumbung padi sekaligus dapat menjadi daerah ketahanan pangan, seperti halnya Desa Lama sebagai lumbung padi. 

"Saya selaku Camat Hamparan Perak mengharapkan dengan areal persawahan yang begitu luas yang di Kecamatan Hamparan Perak ini tidak dialih fungsikan menjadi lahan proyek property, atau perumahan," ujar Camat Hamparan Perak. 

Hadir pada kesempatan itu sejumlah penjabat utama (Pju) Polres Pelabuhan Belawan seperti Wakapolres Pelabuhan Belawan Kompol Herwansyah Putra,SH,M.Si, Kapolsek Hamparan Perak Kompol Edwart Simamira, Kapolsek Medan Labuhan Kompol Edy Safari S,SH, Kapolsek Belawan Kompol Daniel Jefri Naibaho,SH, Kabag Sumda AKP Waskita Sembiring,SIK, Kasat Reskrim   
I Kadek H.C,SH,Sik, Kasat Narkoba AKP Juriadi Sembiring,SH,MH, Kasat Intelkam AKP Syahrial Efendi Siregar,SH, Kasat Lantas Pittor Gultom,SH, Kasat Binmas AKP Gunawan,SH, Kasubbag Humas Iptu Bonar H. Pohan,SH, para Kanit, Panit serta personil Polres Pelabuhan Belawan, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Koramil 1O/HP.

Turut hadir Danramil 10/HP Kapten Inf Rahimin, Camat Hamparan Perak Eko Supriadi,S.Sos, Kepala Desa Lama Muliono, Kepala Dusun se-Desa Lama dan ibu - ibu PKK serta perangkat Desa Lama.

Pantauan awak media ini di lokasi kegiatan peninjauan kesiapan Kampung Siaga Dorang, kunjungan pertama yang dikunjungi Kapolres dan rombongan yakni persawahan padi yang berada di Dusun V Desa Lama. Dipersawahan ini Kapolres bersama Wakapolres, para Kapolsek dan ibu - ibu Bhayangkari melakukan penanaman bibit padi secara bersama - sama.

Kegiatannya berikutnya, Kapolres Pelabuhan Belawan dan rombongan melakukan pengecekan perladang sayur bayam dan terong serta pengecekan lumbung padi yang berada di Dusun IV, Desa Lama, Kecamatan Hamparan Perak.

Kegiatan Kapolres Pelabuhan Belawan bersama ibu - ibu Bhayangkari dan Pju berakhir dengan melakukan pengecekan kesiapan Dapur Umum ibu - ibu PKK Desa Lama dan dilanjut dengan makan siang bersama serta pemberian sembako kepada para kaum dhuafa. Berupa 5 kg beras, 2 liter minyak goreng, 30 butir telur bebek dan 2 kg gula pasir.

Salah seorang masyarakat Dusun V Desa Lama, Sabariyah (68) memgucap syukur dan berterimakasih atas bantuan yang diberikan Polres Pelabuhan Belawan, terlebih terbentuknya Kampung Siaga Dorang, untuk mensejahterakan masyarakat khususnya petani di Desa Lama.

Liputan, Abdul Halil   
Share it:

Post A Comment:

0 comments: