4 Orang Mahasiswi UNRI Asal Kabupaten Serdang Bedagai Gelar Aksi Cegah Covid-19

Share it:


Dolok Merawan, JournalisNews.com - Sebagai bentuk partisipasi aktif dalam proses pencegahan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), 4 orang mahasiswi dari Universitas Riau (UNRI) yang berasal dari Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melaksanakan kegiatan sosial berupa pembuatan dan pembagian hand sanitizer yang dilaksanakan di Desa Gunung Para II, Kecamatan Dolok Merawan mulai tanggal 2 Juni 2020 lalu.

Kegiatan yang juga merupakan bagian dari Kukerta (Kuliah Kerja Nyata) ini dilaksanakan selama 16 hari. Ke empat mahasiswi ini merupakan warga asal Sergai yang berkuliah di FMIPA, jurusan Biologi, Universitas Riau. Sebagai salah satu proses dalam kegiatan Kukerta sekaligus bentuk kepedulian kepada masyarakat di kampung halaman, mereka kemudian berinisiatif membuat program pencegahan Covid dengan membagikan produk hand sanitizer kepada masyarakat di Desa Gunung Para.

Hand sanitizer yang dibagikan merupakan hasil racikan sendiri tim Kunkerta dan diserahkan kepada warga dengan mengunjungi rumah-rumah atau membagikan di pinggir jalan desa. Tidak hanya membagikan hand sanitizer gratis, ke empatnya juga mengikuti serangkaian kegiatan pencegahan dan antisipasi penyebaran Covid-19 lainnya, diantaranya, ikut menjaga posko Covid yang difungsikan sebagai posko pengaduan dan pengecekan kesehatan. Posko ini didirikan atas kerja sama masyarakat dan pihak desa.

Selain itu para Mahasiswi ini juga ikut membantu Tim Kesehatan Desa dalam pemantauan lapangan untuk melakukan pengecekan kesehatan dan pemeriksaan suhu tubuh terhadap warga desa yang baru saja pulang dari luar kota.



Salah satu anggota Kunkerta, Icha Ayin Anjeli, mengatakan, ia dan rekan-rekannya juga sempat ikut membantu tim kesehatan setempat saat acara kunjungan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman pada Tanggal 15 Juni 2020 lalu.

Dalam kegiatan tersebut, kami dipercaya menjalankan prosedur pengecekan suhu tubuh Bapak Bupati menggunakan thermo gun. Selain itu, kami juga aktif mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran virus. Kami berharap, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi warga desa dalam perjuangan memastikan keselamatan masyarakat dari ancaman Covid-19,” sebut Mahasiswi Angkatan 2017 ini. (Alfian Haris)
Share it:

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments: