Sempat Viral di Medsos, Penarik Betor Mendapat Bantuan Satu Unit Betor Dari KSJ

Share it:
         Dewan Pembina KSJ, AKBP H.Ikhwan Lubis,SH,MH bersama Darman Hasibuan (68) usai penyerahan bantuan satu unit Betor (foto,Abd Halil) 

Deli Serdang, JournalisNews.com - Sempat viral di media sosial, penarik  becak bermotor (betor) Darman Hasibuan (68) warga RT 14, Dusun X , Perumahan Cendana Asri ,Desa Sena, Kecamatan Batanh Kuis, Kabupaten Deli Serdang, yang mengalami nasib kurang beruntung karena becak bermotornya hilang digelapkan oleh penumpangnya sendiri. Saat berada di Jalan Tritura atau Jalan A.H Nasution Medan.

Semenjak hilangnya betornya itu satu pekan yang lalu, kakek 5 orang anak dan 7 orang cucu itu secara otomatis kehilangan alat untuk mencari nafkah, dan perasaannya cukup sedih bila memikirkan mengapa tega penumpangnya itu melarikan becaknya.

Kepada JournalisNews.com, Darman Hasibuan menuturkan awalnya ianya mendapat orderan mengantar seorang pria yang minta diantar dari Jalan Pasar Merah ke Jalan Tritura atau Jalan A.H Nasution, Medan. Namun, sesampainya ditempat tujuan si penumpang menyuruh sikakek (Darman Hasibuan) untuk berhenti sejenak untuk membeli nasi bungkus.

"Setelah beberapa saat sekembalinya membeli nasi bungkus dari sebuah warung, betapa terkejutnya saya, pasalnya saya sudah tidak lagi melihat betor yang saya parkirkan tak jauh dari warung membeli nasi, berikut penumpangnya juga raib," urai Darman Hasibuan dengan nada sedih.

Berkat doa - doanya, kini Darman Hasibuan sudah tidak sedih lagi, karena team relawan Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) Kabupaten Deli Serdang hadir untuk membantu kakek 68 tahun itu untuk dibelikan satu unit betor. Sebagai pengganti betornya yang hilang. Rabu (6/5/2020) sekira pukul 17.15 Wib.




Pada hari yang berbahagia itu, Darman Hasibuan menerima bantuan berupa satu unit betor lengkap dengan surat - surat buku kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB). Yang diserahkan langsung dari Dewan Pembina KSJ pusat AKBP H.Ikhwan Lubis,SH,MH didampingi Wakil Dewan Pembina KSJ pusat H.Abbas Rambe dan H.Ahmad. Berikutnya Ketua KSJ Sumut Saharuddin, Ketua Kartini KSJ  pusat Hj.Roma Uli Silalahi,S.ST, MGBT, MKM, Ketua Majelis Syuro Da'i KSJ Ustadz H.Sarmin Pane (Ustad Sampan)
Pembina KSJ Deli Serdang Kuzu Tarigan,SE, Ketua KSJ Deli Serdang Yudha Nasution. Serta para pengurus dan relawan KSJ lainnya. 

Penyerahan bantuan tersebut juga turut disaksikan oleh Camat Batang Kuis Avro Wibowo,SSTP, Kepala Desa Sena Bayu Anggara,SH, anggota Bhabinkamtibmas Desa Sena Aiptu Aman MY, Babinsa Kecamatan Batang Kuis Serda Mahadi, perwakilan Polsek Batang Kuis Ipda Supriyanto, perwakilan dari Polres Deli Serdang Iptu Khairil. Serta Pendeta GPDI Batang Kuis Pekan, Adrianus Manao,S.th.

Rangkaian acara penyerahan satu unit betor kepada Darman Hasibuan tersebut diawali dengan kata pembukaan oleh protokol Ketua KSJ Deli Serdang Yudha Nasution. Dilanjut dengan kata sambutan dari Pembina KSJ Deli Serdang Kuzu Tarigan,SE, dilanjut dengan kata sambutan oleh Camat Batang Kuis Avro Wibowo. 

Dalam kata sambutannya, Camat Batang Kuis mengucapkan terimakasih kepada team relawan KSJ binaan AKBP H.Ikhwan Lubis,SH,MH. Selanjutnya, Avro Wibowo menganjurkan agar warga masyarakatnya harus mengurus administrasi kependudukannya sesuai domisili tempat tinggalnya. Dan dijamin dalam pengurusan surat - surat kependukan semua tanpa biaya alias gratis.

"Saya minta agar masyarakat administrasinya disesuaikan dengan tempat domisilinya. Dan pengurusannya tidak dikenakan biaya alias gratis," ujar Camat Batang Kuis.

berikutnya, masih dikesempatan yang sama, Dewan Pembina KSJ pusat AKBP H.Ikhwan Lubis mengatakan dengan kejadian ini, hendaknya bisa diambil hikmahnya buat kita semua. KSJ pada hari ini hadir untuk membantu Darman Hasibuan yang sempat kehilangan mata pencahariannya sebagai penarik betor, karena beberapa pekan yang lalu betornya sempat dilarikan penumpangnya.

"KSJ hadir dengan usianya baru mencapai 8 bulan dan sudah terbentuk cabangnya di 7 Kabupaten/Kota, serta 13 Kecamatan se-Kecamatan Kota Medan, diharapkan mampu membantu beban hidup para kaum dhuafa dan anak yatim.

"Kita berharap dan optimis setiap pergerakan kegiatan KSJ mampu meredam atau membantu segala kesusahan kaum dhuafa dan para anak yatim. Dan kepada bapak Darman Hasibuan anggap saja ini semua ujian dari Allah SWT. Kepada bapak Darman Hasibuan, bila nantinya ada kesusahan atau masalah, pokoknya jangan sampai gak makanlah ya..silahkan hubungi saja KSJ, " seru mantan Kapolres Pelabuhan Belawan itu.

Lebih lanjut saat ditanya sumber dana yang dipakai untuk membeli betor tersebut, Ikhwan Lubis mengatakan bahwasanya dananya bersumber dari dana gotong royong dari para relawan KSJ.

Hal senada juga disampaikan Ketua Majelis Tinggi dan Dewan Syuro Da'i KSJ Ustadz H.Sarmin Pane atau yang akrab dipanggil Ustadz Sampan dalam kata sambutannya menegaskan tidak akan kucoba hambaku, kecuali sesuai dengan kemampuannya. Dan anggap sajalah dengan musibah bapak Darman Hasibuan ini, tepatnya di hari ke 13 Ramadhan 1441 H, kita anggap saja sebagai ajang tali silaturahmi diantara kita.

"Bersyukurlah bapak Darman Hasibuan hari ini mendapat kunjungan dari team relawan KSJ. Dan sekaligus mendapat bantuan satu unit betor dari Dewan Pembina KSJ yang kebetulan datang langsung dari tempat tugasnya di Kabupaten Batu Bara. 'Batu Bara, Barang Tuhan Bagi Rata", gurau Ustadz asal Tanjung Balai itu.

Sebelum kegiatan di sudahi, para peserta yang hadir pada acara itu membacakan doa bersama, yang dipandu oleh Ustadz Sampan. Sekaligus penyerahan Betor berserta surat - suratnya kepada Darman Hasibuan. Yang diserahkan langsung oleh Dewan Pembina KSJ pusat AKBP H.Ikhwan Lubis, SH,MH dan foto bersama.

Sedikit petuah dari Ustadz Sampan "Sesedih - sedihnya kita meminta,,lebih sedih memberi tapi tidak di terima," kelakar Ustadz Sampan.

Liputan khusus : Abdul Halil
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: