Guna Melakukan Evaluasi, BNPB Republik Indonesia Lakukan Kunker Ke Kabupaten Asahan

Share it:


Kisaran, JournalisNews.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  Republik Indonesia (RI) melakukan kunker ke Gugus Tugas percepatan penanganan Covid -19 Kabupaten Asahan, Kamis (28/5/2020). Hal itu guna melakukan evaluasi percepatan penanganan covid -19 di Kabupaten Asahan.

Hadir dalam kunker tersebut Liaison Officier (LO) BNPB RI, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kabupaten Asahan sekaligus Bupati Asahan, Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan (Dandim 0208 Asahan dan Sekretris Daerah Kabupaten Asahan). Selain itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Administrasi Umum, Kadis kominfo Kabupaten Asahan, Plt Kasat Pol PP Kabupaten Asahan dan beberapa tamu undangan lainnya.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, H. Surya, BSc mengucapkan selamat datang kepada LO BNPB RI di Kabupaten Asahan dalam rangka Kunker tersebut. Hal itu guna melihat langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan mengantisipasi penyebaran wabah covid-19 di Kabupaten Asahan.

"Dalam mengantisipasi penyebaran wabah covid-19 di Kabupaten Asahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan telah melakukan penyemprotan disinfektan.Penyemprotan dilakukan  di tempat layanan publik, tempat ibadah dan tempat-tempat yang menjadi lokasi kerumunan masa," ungkapnya.

Selain itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan telah memberikan himbauan kepada masyarakat Kabupaten Asahan untuk menerapkan Pola Hidup Sehat (PHBS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sesudah dan sebelum melakukan aktivitas. Lalu, menggunakan masker dalam setiap melakukan aktivitas dan menghindari tempat-tempat yang menjadi lokasi kerumunan massa.

Selanjutnya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan juga membentuk Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di setiap Puskesmas dan Desa/Kelurahan. Yang mana berfungsi untuk memantau setiap warganya yang telah pulang dari daerah yang menjadi zona merah wabah Covid-19.

Selanjutnya, Surya juga menyampaikan bahwa Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan telah menyiapkan sarana dan prasarana dalam menghadapi wabah covid-19 di Kabupaten Asahan. Pihaknya juga telah memiliki rumah sakit rujukan untuk pasien covid-19 di Kabupaten Asahan yang telah ditetapkan oleh Gubernur Sumatera Utara yakni RSU HAMS Kisaran.

Lebih lanjut dikatakannya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan telah memiliki tempat karantina bagi para TKI yang pulang ke Kabupaten Asahan. Yakni, Kolam Renang Pemkab Asahan dan telah dilakukan pelayanan terhadap para pasien dengan baik.

"Kami telah melayani pasien dengan baik dan juga melakukan monitoring ketersediaan bahan sembako yang ada dibeberapa tempat. Itu dilakukan untuk melihat kecukupan bahan sembako yang nantinya akan diperuntukan oleh masyarakat Kabupaten Asahan dalam menghadapi wabah Covid-19 di Kabupaten Asahan,"ujar Surya.



Sementara LO BNPB RI Mayor Jenderal Purn. Darlan Hararap pada bimbingan arahan mengapresiasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan dalam melakukan pencegahan wabah covid-19 di Kabupaten Asahan.

"Saya sepakat dengan apa yang dilakukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan dalam mengantisipasi penyebaran serta memutus mata rantai wabah covid-19 ini, karena sudah sesuai dengan harapan Pemerintah Pusat," ungkap Darlan.

Dirinya berharap, agar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan tidak pernah putus asa dan bosan. Yaitu, dalam memberikan himbauan kepada masyarakat untuk mengikuti himbauan yang telah diberikan oleh pemerintah.

Selain itu, dirinya juga mengatakan agar dalam pemberian bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang terkena dampak oleh wabah Covid-19 tersebut jangan ada sampai masyarakat yang tidak menerima bantuan tersebut. (Arnes Arbain Abdullah)

Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: