Dampak Covid 19 Perangkat Desa Panglong Sisihkan Honorer Berbagi Pada Masyarakat dan Santuni Anak Yatim

Share it:


Serdang Bedagai, JournalisNews.com - Kepala Desa Aulis Sofian beserta Perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Panglong Kecamatan Dolok Merawan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) secara bergotong-royong memberikan bantuan sebanyak 168 paket kepada masyarakat Desa Panglong yang terdampak virus Corona atau Corona Virus Disease (Covid-19), sekaligus pemberian santunan kepada anak yatim diserahkan secara simbolis di Posko Pencegahan Covid-19 Dusun I,  Desa tersebut, Jum'at (1/5/2020) pagi.

Sebelumnya, Kepala Desa Panglong, Aulis Sofian dalam sambutannya mengatakan, pemberian paket bantuan kepada masyarakat Desa Panglong merupakan sumbangsih dari para Perangkat Desa dan BPD. "Mereka menyisihkan sebagian dari honorernya untuk berbagi kepada semua masyarakat Desa Panglong yang terdampak adanya wabah Covid-19 dan bantuan ini bukan dari pemerintah," terang Aulis Sofian.

Dijelaskan Aulis, dari 168 paket bantuan, yang diberikan disini 130 paket, selebihnya masih ada, karena ini hanya pemberian secara simbolis. "Ini semua akan dibagikan kepada masyarakat. "Semoga bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat," ungkapnya.

Lanjut Aulis, pemberian paket bantuan ini kami lakukan karena tergerak dari niat yang tulus untuk membantu masyarakat yang hingga sekarang masih terdampak Covid-19," katanya.

Ditambahkan Aulis, sebenarnya ada Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD), tetapi karena Bapak dan Ibu merupakan karyawan. "Itupun kalau nanti mau dibilang miskin, ya nggak apa-apa, nanti bisa diusulkan sama panitia, tapi rumahnya ditempel stiker miskin," sebut Aulis.

Selain itu sambung Aulis, kami juga ada memberikan santunan kepada empat warga miskin masing-masing sebesar tiga ratus lima puluh ribu rupiah (Rp350.000) yang dananya berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan ada juga disisihkan bantuan untuk anak kuliah sebesar Rp 350.000. "Jadi kepada empat orang itu dimasukkan ke data BLT yang nantinya akan mendapatkan Rp 600.000 selama tiga bulan berturut-turut," jelasnya.

Dikesempatan itu, Aulis menghimbau kepada masyarakat, agar sering cuci tangan pakai sabun, jaga kebersihan, gunakan masker, segera kelayanan kesehatan apabila demam, jaga kesehatan, jaga jarak (Physical Distancing), tetap dirumah, jangan keluar rumah jika tidak ada hal penting atau mendesak, perbanyak konsumsi air hangat, sayur serta buah-buahan dan jangan mudik saat Pandemi Covid-19.

Paket bantuan yang diberikan Perangkat Desa Panglong beserta BPD berupa beras Lima Kilogram, satu Kilogram gula pasir, satu liter minyak makan dan sepuluh bungkus mie instan diserahkan langsung oleh Kepala Desa Panglong Aulis Sofian, Camat Dolok Merawan M. Fahmi,S.STP, M.AP, Danramil 14 Kaf. C. Simanjuntak, mewakili Kapolsek Aiptu Irwansyah Putra Nasution selaku Kanit Binmas dan Ketua BPD Suprapto SW.







Sementara itu, Camat Dolok Merawan, M. Fahmi, S.STP, M.AP mengatakan, pemberian bantuan yang dilakukan oleh Perangkat Desa Panglong bersama BPD sangat bagus, karena dapat menginspirasi, cocok untuk diikuti atau menjadi contoh. "Bahkan saya berencana akan membuat hal seperti ini di Tingkat Kecamatan dan kalau bisa semua stakeholder melakukan hal yang sama untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita," kata Fahmi.

Fahmi menambahkan, nanti akan kita letakkan kotak sumbangan dikantor masing-masing, saya yakin stakeholder yang lain di Tingkat Kecamatan tidak akan merasa keberatan untuk berbuat kebaikan. Setelah dana sudah terkumpul, kemudian akan diserahkan kepada Kepala Desa masing-masing bagaimana tekhnik atau cara pembagiannya dan saya rasa nantinya sudah cukup membantu masyarakat yang terdampak Covid-19," tuturnya.

Camat juga menghimbau agar masyarakat jangan termakan oleh isu-isu dari media sosial yang menyebutkan sudah ada yang menerima bantuan dana lewat SMS dari Bank BRI. "Seperti di Kecamatan Perbaungan, para Ibu-ibu bahkan sudah demo karena hal itu, sementara dana yang dimaksud memang belum ada. Untuk itu, kami harapkan Ibu-ibu bisa memahami kerja Perangkat Desa dan ternyata Perangkat Desa di Desa Panglong bersama BPD sangat mengerti soal sedekah atau berbagi rezeki untuk membantu masyarakat. "Semoga hal seperti ini bisa diikuti oleh pihak-pihak lain untuk saling perduli kepada sesama," ucap Fahmi.

Turut hadir pada penyerahan bantuan tersebut, Ketua PKK Desa Panglong, Ny. Santi Suriana Aulis Sofian, Kadus dari empat Dusun, Sekretaris Desa, Bhabinkamtibmas Aiptu. Faisal Umar, Bhabinsa Sertu Junaidi serta undangan lainnya. (Tamsi)
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: