Ketua BPK dan Pemda Apresiasi Mendagri Ambil Langkah Cepat dalam Penanganan Covid-19

Share it:


Jakarta, JournalisNews.com - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Agung Firman Sampurna dan Pemerintah Daerah (Pemda) mengapresiasi langkah cepat Mendagri Prof. H. M. Tito Karnavian, Ph.D., dan jajarannya dalam melakukan penanganan Covid-19, termasuk dalam hal koordinasi dengan Pemda. Hal itu diungkapkannya dalam Rapat yang dilaksanakan melalui Video Conference pada Rabu (08/04/2020).

“Kami mengapresiasi langkah-langkah cepat Kemendagri dalam penanganan Covid-19 dan intens melakukan koordinasi sampai jajaran Pemda,” ungkap Agung.

Apresiasi juga disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah yang menyambut baik langkah Mendagri untuk melakukan rapat koordinasi dengan segenap pemangku kepentingan terkait dengan pengelolaan anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Luar biasa Pak Mendagri pagi ini kita mendapatkan pencerahan yang sangat luar biasa, karena itu barangkali tadi sangat gembira kita tadi ada masukan dari Kepala LKPP bahwa kita boleh belanja walupun belum ada anggaran. Ini barangkali penegasan yang sangat luar biasa. Semoga vidcon ini bermanfaat bagi kami di daerah,”kata Saefullah.

Senada dengan keduanya, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengaku mendapatkan pencerahan atas terlaksananya rapat koordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan yang diinisiasi Mendagri itu. Diakuinya, hasil rapat koordinasi akan menjadi acuan dalam mengambil kebijakan di wilayahnya.

“Pagi ini betul-betul kita mendapatkan pencerahan yang luar biasa dari Pak Mendagri dan staf di Jakarta. Kita berharap antisipasi yang telah disampaikan oleh Pak Menteri maupun oleh Ketua KPK dan Kepala LKPP itu menjadi acuan bagi kita untuk mengambil kebijakan-kebijakan selanjutnya. Saya rasa yang disampaikan Pak Menteri seluruh sudah jelas, kami termasuk instansi terkait dan seluruh Pokja mengikuti pelaksanaan ini,”ujar Richard.

Physical Distancing tak menyurutkan langkah Mendagri untuk melakukan rapat dan koordinasi dengan Pemerintah Daerah dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan penanganan wabah Covid-19. Hal ini terbukti dengan dilaku
kannya rapat koordinasi melalui video conference dengan sejumlah Pemda. Bahkan Mendagri juga menginisasi dan menjembatani dialog Pemda dengan sejumlah Kementerian/Lembaga sebagai dasar kebijakan menghadapi pandemik. (red)
Share it:

nasional

Post A Comment:

0 comments: