Di Tengah Wabah Covid-19, Pemkab Asahan Gelar Musrenbang Melalui Video Conference

Share it:


Kisaran, JournalisNews.com - Antisipasi penyebaran virus Covid-19 akhirnya Pemkab Asahan membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) melalui video conference. Musrenbang Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Asahan itu digelar di ruang kerja Bupati Asahan, Selasa (14/4/2020) sekira pukul 10.00 Wib.

Musrenbang tersebut dibuka langsung oleh Bupati Asahan H. Surya, BSc, didampingi Para Asisten Setdakab Asahan. Satu persatu para OPD menyampaikan programnya melalui vidcon tersebut.

Pelaksanaan Musrenbang kali ini, melalui media Video Conference (VidCon) yang terhubung langsung dengan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumatera Utara. Selain itu, seluruh Kepala OPD di kantor masing-masing, Camat dan Lurah se Kabupaten Asahan di kantornya masing-masing.

“Musrenbang RKPD Kabupaten Asahan adalah untuk membahas dan menyepakati Prioritas Pembangunan Daerah. Juga Pagu Indikatif berdasarkan musrenbang yang dilaksanakan mulai dari tingkat desa sampai tingkat Kecamatan  beberapa waktu yang lalu," jelas Bupati Asahan.

Bupati Asahan mengatakan, karena wabah Covid-19 akhirnya pelaksanaan musrenbang digelar secara VidCon. Namun, hal itu tidak mengurangi keseriusan pihaknya  dalam menyusun musrenbang RKPD Kabupaten Asahan Tahun 2021.

Meskipun saat ini kondisi sangat memprihatinkan karena adanya Covid -19 namun musrenbang tetap dilaksanakan. Pasalnya, sesuaikan dengan surat edaran Mendagri Nomor 440/2552/SJ tanggal 23 Maret 2020 tentang pelaksanaan musrenbang RKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota yang harus tetap dilaksanakan.

Musrenbang kali ini, merupakan penyusunan program di tahun terakhir.Itu dilakukan  guna pencapaian visi-misi yang telah tertuang dalam RPJMD Kabupaten Asahan Tahun 2016-2021.

"Kita harus memperhatikan akselerasi pembangunan dalam mewujudkan visi. Berpacu untuk lebih maju meningkatkan kinerja pembangunan yang akan menjadi catatan sendiri bagi Kabupaten Asahan,"ujar Surya.

Pelaksanaan musrenbang kali ini,katanya,akan menjadi media inspiratif bagi segenap stakeholder yang ada. Hal itu  untuk mendukung kegiatan maupun program  anggaran di tahun berikutnya.

Selain itu,juga perlu dilakukan sisi penajaman prioritas program untuk RPJMD akhir 2016-2021. Seluruh visi dan misi Pemkab Asahan agar dapat tercapaidan sesuai harapan. 

Musrenbang kali ini, mengangkat tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia, Peningkatan Infrastruktur dan memperkuat Ketahanan Ekonomi dalam mewujudkan Asahan yang Religius, Mandiri dan Sejahtera". Untuk itu, diminta  kepala OPD, Camat, Lurah  dan seluruh elemen masyarakat agar  terus bersungguh sungguh dan berupaya untuk mewujudkan Komitmen yang telah dibangun bersama.

Yakni, mewujudkan Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri dengan memperhatikan kegiatan yang mendukung pencapaian indikator yang telah ditetapkan. Dan, kegiatan yang diusulkan tetap mendukung Prioritas Pembangunan Pusat dan Provinsi dan memperioritaskan kegiatan yang belum terselesaikan pada tahun sebelumnya,jelas Bupati Asahan mengakhiri. (Arnes Arbain Abdullah)
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: