Delapan Orang TKI Asal Sergai Telah Dikembalikan Ke Kampung Halaman

Share it:


Serdang Bedagai, JournalisNews.com - Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Drs. H. Akmal, AP, M.Si dalam pernyataannya melalui telepon seluler, Sabtu (11/4/2020) mengatakan, dampak dari wabah Corona Virus Disease (Covid-19) mengakibatkan diberlakukannya kebijakan lockdown di Negara Malaysia membuat ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Sumatera Utara (Sumut) kembali ke daerah asalnya.

Sebelumnya, Kamis, (9/4) Bupati Sergai Ir H Soekirman selaku Ketua Gugus Tugas menjemput kedatangan TKI dari Malaysia di Bandara Kuala Namu Deli Serdang dengan didampingi Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin, SE MTr (Han), Kepala Pelaksana BPBD Sergai H. Henry Suharto, M.AP, Kabag Umum Syafransyah, S.STP serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Erfin Fachrurazi, S.STP.

Lanjut Akmal yang juga selaku Kadis Kominfo memaparkan, dari kepulangan TKI tersebut, terdapat 3 orang warga Tanah Bertuah Negeri Beradat dengan rincian, satu orang warga Kecamatan Teluk Mengkudu, satu orang warga Kecamatan Sei Bamban dan satu orang warga Kecamatan Sei Rampah.

Sebelum pulang ke kampung halamannya, ke tiga orang TKI itu terlebih dahulu dilakukan pengecekan kesehatan sebagai antisipasi pencegahan Covid-19 sesuai protokol kesehatan.

Selanjutnya TKI tersebut dibawa ke Cadika Lubuk Pakam oleh pihak Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) untuk diserahkan ke Tim Gugus Tugas Sergai  dan terakhir diserahkan ke Camat masing - masing untuk ditindaklanjuti sesuai dengan protokol kesehatan," jelas Akmal.

Sebelum itu juga,Tim Gugus Tugas Sergai yang dikoordinir oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Drs Nasrul Azis Siregar didampingi Tim Medis dari Dinas Kesehatan Selamet Hartono, Jumat (10/4) menjemput 2 orang TKI yang berada di Tim Gugus Tugas Kota Tebing Tinggi. Namun saat itu terjadi salah pengiriman, karena ternyata TKI tersebut warga Kecamatan Bandar Khalipah dan Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Sergai.

Akhirnya kedua orang TKI ini diserahkan kepada Tim Gugus Tugas Sergai setelah sebelumnya dilakukan pengecekan kesehatan dan dipulangkan ke kampung halamannya melalui Camat masing-masing," sebut Akmal.

Ditambahkan Akmal, pada hari yang sama pula, Tim Gugus Tugas Covid-19 yang dikoordinir Kadis Naker dan Tim Medis kembali melakukan penjemputan TKI melalui Lapangan Udara (Lanud) Suwondo Medan. Sebanyak tiga orang TKI itu selanjutnya diserahkan oleh Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) kepada Tim Gugus Tugas Sergai.

Dari tiga orang TKI tersebut dua orang merupakan warga Kecamatan Tanjung Beringin dan satu orang lagi warga Kecamatan Perbaungan. Saat ini ketiganya telah diserahkan kepada Camat masing-masing untuk kemudian dipulangkan ke alamatnya masing - masing," tutur Akmal.

Lebih lanjut kata Akmal, proses penerimaan dan pemulangan para TKI ini sudah melalui prosedur terhadap protokol kesehatan. Selain itu disampaikan Akmal, Ketua Gugus Tugas yang juga Bupati Sergai Ir. H. Soekirman meminta, agar para TKI melakukan karantina mandiri selama 14 hari sesuai aturan yang berlaku dan akan dilakukan pemantauan terhadap mereka untuk benar-benar memastikan ada atau tidaknya terpapar Covid-19.

Tapi kita bersama - sama berharap dan berdoa, semoga saudara-saudara kita ini sehat wal'afiat tidak ada menderita suatu penyakit apapun," ujar Akmal menyampaikan ucapan Bupati. (Alfian Haris)

Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: