POLRES DAN PEMKAB BATU BARA PERANG LAWAN CORONA

Share it:


Kapolres dan Bupati Batu Bara pimpin langsung penyemprotan Desinfektan secara masal (foto,Ist)

Batu Bara, JournalisNews.com - 
Paska merebaknya wabah penularan virus Corona (COVID- 19) yang begitu cepat penularannya, Kepolisian Resor Batu Bara bekerjasama dengan TNI, Pemeritah Kabupaten Batu Bara melalui Dinas Kesehatan Batu Bara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batu Bara, dan Perusahaan Daerah Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Batu Bara, secara terus menerus melakukan penyemprotan cairan Desinfektan keseluruh wilayah pelosok Kabupaten Batu Bara.  


Kepada JournalisNews.com, Kepala Kepolisian Resor Batu Bara Polda Sumut AKBP Ikhwan Lubis,SH,MH, Selasa (31/3) dalam siaran persnya menjelaskan bahwasanya untuk melakukan pencegahan meluasnya penyebaran pandemik virus Corona (Covid- 19) di masyarakat, Polres Batu Bara bersama Stakeholder yang ada di Kabupaten Batu Bara akan terus melakukan penyemprotan Desinfektan. Selain itu Polres Batu Bara juga menerapkan Sosial Distancing terhadap masyarakat, untuk tetap berada dirumah, jangan keluar rumah bila tidak ada keperluan yang mendesak.

Lanjut Ikhwan Lubis, sasaran penyemprotan ke daerah - daerah pemukiman warga, pasar, terminal bus, rumah ibadah, restoran, usaha rumah makan dan tempat - tempat lainnya yang menjadi kosentrasi massa. Pada kesempatan itu juga, kepada masyarakat Ikhwan Lubis mengharapkan agar masyarakat dapat membuat larutan Desinfektan sendiri.




Selain itu, mantan Kapolres Pelabuhan Belawan itu juga menginstruksikan kepada personil Polres Batu Bara terutama para Bhabinkamtibmas Polsek jajaran agar memantau warga pendatang, maupun warga yang baru kembali dari perantauan luar negeri maupun luar daerah Kabupaten Batu Bara. Segera lakukan pendataan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan terkait, untuk melakukan cek kesehatan tubuh terhadap warga pedatang tersebut. Tujuannya untuk memutus mata rantai penularan virus Covid- 19.

"Sesuai instruksi pemerintah dan pimpinan Polri, Polres Batu Bara bekerjasama dengan intansi terkait dan para pimpinan stakeholder akan terus menerus melakukan penyemprotan Desinfektan dengan menggunakan mobil Water Canon dan mobil Damkar," kata Ikhwan Lubis didampingi Bupati Batu Bara Ir.H.Zahir,M.Ap. 





Terpisah, Bupati Batu Bara Ir.H.Zahir,M.Ap dalam wawancaranya dengan awak media menerangkan dengan bantuan dari Dinas Kesehatan provinsi Sumatera Utara, Pemkab Batu Bara sudah menyiapkan fasilitas rumah sakit umum Lima Puluh Kabupaten Batu Bara khusus untuk penanganan perawatan terhadap pasien dalam pantauan (PDP) yang positif terpapar virus Covid- 19. 

Selain itu Bupati Batu Bara juga menginstruksikan kepada seluruh perangkat pemerintahan mulai dari para Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk terus menerus mensosialisasikan kepada masyarakat cara penanggulangan penanganan agar terhindar dari penularan virus Covid- 19. Dengan membiasakan hidup bersih, sering mencuci tangan dengan sabun atau Hand Sanitaizer. Semprot terus tempat - tempat ibadah dan ruang kerja dengan Desinfektan.

"Pemkab Batu Bara telah menyiapkan tempat khusus untuk penanganan pasien positif Carona yakni RSU Lima Puluh. Dalam hal ini peralatan medis dan alat pelindung diri (APD) khusus kita dibantu dari Dinas Kesehatan provinsi Sumatera Utara," terang Mantan kepala Bea Cukai Pekan Baru itu.

Liputan : M.Hamdani Batu Bara 
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: