Cegah Penyebaran Infeksi, Kodam I/BB Geser Posko Siaga Covid-19 ke Tamora

Share it:

Medan, JournalisNews.com - Hasil rapat koordinasi  terbatas  Pempropsu yang dipimpin langsung Gubernur Sumatera Utara Letnan Jenderal TNI (Purn) Edy Rahmayadi tentang antisipasi ,minimalisir pencegahan berkembangnya covid-19 di Wilayah Sumatera Utara, selanjutnya  memberikan instruksi  untuk  melakukan pemindahan  pemusatan  Posko Siaga Covid-19 (Corona Virus Disease) RSU Putri Hijau Medan ke  RS GL Tobing  PTPN II Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (18/3/2020)


Hal ini dibenarkan Kepala Penerangan (Kapendam) Kodam I/BB, Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, SSos, MSi, dalam keterangannya di Media Centre Makodam I/BB, Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, bahwa pemindahan tersebut atas perintah dan petunjuk Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah .

Kapendam menjelaskan, pemindahan posko termasuk tenda lapangan sebagai ruang isolasi untuk membantu penanganan yang dilakukan Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara, bertujuan untuk mencegah penyebaran infeksi virus corona oleh pasien yang diduga terindikasi.

"Jadi ini (pemindahan) ke wilayah Tanjung Morawa areal Ptpn II  adalah merupakan langkah  strategis wilayah pintu gerbang bandara Kuala Namu yang berhubungan langsung dari dan ke Luar Negeri  sangat baik sebagai langkah awal antisipasif  terhadap upaya pencegahan yang dilakukan  Rumkit Tk II Putri Hijau Medan," terang Kolonel Zeni.

Di sisi lain, Kolonel Zeni kembali menyampaikan pesan dari Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah kepada Masyarakat terkait pencegahan Covid-19  agar menerapkan pola hidup sehat. Yakni; kelola stressing, jaga kebersihan, konsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup, dan olah raga yang teratur.

"Untuk pencegahan, sesering mungkin melakukan cuci tangan pakai sabun. Kemudian menggunakan masker bila batuk atau pilek, konsumsi gizi seimbang, perbanyak sayur dan buah, hati-hati kontak dengan hewan, jangan konsumsi daging yang tidak dimasak, serta bila batuk, pilek dan sesak nafas, segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat atau ke Posko Siaga Covid-19 terdekat, ujar Pamen TNI AD lulusan Akmil 1993 ini.

Soal pemindahan posko, Kepala Rumkit Tk II Putri Hijau Kesdam I/BB, Letkol Ckm Dr M Irsan Basyroel, SpKK, berharap bagi setiap Prajurit maupun warga sipil untuk terus membangun kewaspadaan dan kebersihan diri guna mengantisipasi terjangkit Covid-19.

Liputan : Muhrika Fathani/Pendam I/BB
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: