Peduli Lingkungan Bersih, Danyon Marhanlan I Ikut Serta Apel Peringatan HPSN

Share it:
  Danyon Marhanlan I Mayor (Mar) Farick,M.Tr, Opsla (baret ungu) saat hadiri gelar apel peringatan hari sampah Nasional (foto,Abd Halil) 

Belawan, JournalisNews.com - Peduli lingkungan bersih dan asri, Komandan Batalyon Marinir Pangkalan Pertahanan (Danyon Marhanlan) I Mayor (Mar) Farick,M.Tr, Opsla bersama prajurit Sarang Petarung Yonmarhanlan I Belawan turut serta dalam kegiatan apel gabungan bersama Muspika dan stakeholder terkait.

Kegiatan apel yang digelar dihalaman eks Puskesmes Belawan itu dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tingkat Kota Medan, Kamis (27/2/2020) pagi.

Turut hadir dalam kegiatan apel yang dilanjutkan dengan aksi bersih - bersih pungut sampah itu, Plt Walikota Medan Ir.Akhyar Nasution diwakili Kepala Dinas Kebersihan Kota Medan Muhammad Husni,SE,MM, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Dr.Mhd.R Dayan,SH,MH diwakili Kabag Ren Kompol Ilham Aceh didampingi Wakapolsek Belawan AKP Alexander, perwakilan Ditpolair Sumut, perwakilan Lantamal I Belawan, perwakilan PT Uni Lever, perwakilan PT Pelindo I Cabang Belawan, Satpol PP, Ketua MUI Medan Belawan Ustadz Mulyadi, Camat Medan Belawan, Camat Medan Labuhan, Kepala Lingkungan dan Lurah se- Kecamatan Medan Belawan, para relawan peduli sampah.

Bertindak sebagai komandan apel Kapten (Mar) Amriadi Lubis, dan bertindak sebagai pimpinan Kadis Kebersihan Kota Medan Muhammad Husni,SE,MM.

Rangkaian acara diawali dengan gladi dengan laporan komandan apel Kapten (Mar) Armayadi Lubis kepada pimpinan apel. Berikutnya dilanjut dengan penyampaian laporan pelaksanaan oleh Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan yang diwakili oleh kepala bidang operasional Dinas Kebersihan dan Pertaman Kota Mesan. Dilanjut dengan kata sambutan dari perwakilan PT Unilever Mustajir, selanjutnya penyerahan secara simbolis peralatan aksi bersih kepada perwakilan Lurah, perwakilan stakeholder, perwakilan relawan aksi pungut sampah.
Rangkaian berikutnya, Aksi massal pungut sampah, penimbangan Sampah, dan ditutup dengan makan siang. 

Dalam kata sambutannya Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan mengatakan hari peduli sampah nasional tingkat kota Medan tahun 2020 kenapa pentingnya kita merayakan hari peduli sampah ini, karena ini merupakan salah satu upaya kita bagaimana membangun mindset sebagai bagian gerakan moral untuk menuju medan bersih.

"Sengaja kita lakukan gerakan ini di Medan Belawan, hari ini kota Belawan sebagai bagian Utara kota Medan kita yakini akan menjadi suatu bagian dari ujung kota Medan. Sehingga nantinya kita akan menjadi satu kesatuan penataan kota Medan akan menjadi sebuah kawasan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi Indonesia bagian Barat Pelabuhan di Indonesia," kata Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan.

Sementara itu, perwakilan dari PT Unilever 
Mustajir dalam penyampaiannya mengatakan PT Unilever bersama dengan Medan memiliki sejarah yang cukup panjang. Kami sudah mulai bekerja sama sejak tahun 2009 melalui peluncuran program Medan Green and Clean yang berfokus pada pengembangan kapasitas masyarakat untuk melakukan pengelolaan sampah dari rumah. 

Lanjut Mustajir, pada tahun 2015 kami bermitra dengan apa Jaya yang merupakan mitra untuk program kerja di kota Medan maupun juga di Sumatera Utara.

"Program ini terus berlanjut hingga tahun 2019, Alhamdulillah kita sudah berhasil mengedukasi lebih dari 270 bank sampah di Medan dan sekitarnya yang dapat menyerap 1900 ton sampah anorganik. dalam 1 tahun dan menghasilkan omset sekitar 5 miliar rupiah," kata Mustajir.

Sambungnya, oleh karena itu kita  berkomitmen, sejalan dan tentunya dengan kebijakan pemerintah melalui Pepres No.97 tahun 2017 tentang kebijakan pengelolaan sampah daerah yang kemudian diturunkan menjadi kebijakan pengelolaan sampah daerah di tiap kota maupun Kabupaten untuk mencapai target penanganan sampah sebanyak 70% pada  tahun 2025, serta pengurangan sebanyak 30% di tahun 2025.

"Hal ini sejalan dengan komitmen kami yang secara global ingin membantu untuk mengumpulkan dan memproses sampah plastik," tutup Mustajir.

Liputan : Abd Halil/BA Intel Yonmarhanlan I
Share it:

Post A Comment:

0 comments: