Di Kegiatan Gotong - Royong, Sarwono : Desa Paya Pasir Terapkan E - Kinerja Kepada Kadus

Share it:


Serdang Bedagai, JournalisNews.com - Kepala Desa Paya Pasir Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Sarwono mengatakan, tujuh Dusun yang ada di Desa Paya Pasir saat ini di terapkan dengan istilah E - Kinerja.

"Artinya, setiap Kepala Dusun memiliki wewenang masing - masing untuk melaporkan hasil kinerjanya pada setiap minggu melalui laporan tertulis. "Melalui laporan secara tertulis dari hasil kinerja tersebut, akan terlihat mampu atau tidaknya Kepala Dusun memimpin di Dusun mereka masing - masing.

Hal tersebut di sampaikan Sarwono selaku Kepala Desa Paya Pasir kepada awak media ini di sela - sela kegiatan gotong -royong di Dusun tiga, Jum'at (7/2/2020).

Hadir pada acara gotong - royong itu, Ketua BPD Husin A. Hasibuan bersama Bambang Paino (anggota), Ketua LKMD M. Syafii, Kasi Pemerintahan, RI. Habibi Purba, SE, Kaur Umum Irja Purba, Kadus tiga Jalaluddin dan masyarakat.

Lanjut Sarwono, Kepala Dusun sebagai seorang yang memiliki hak otonom di daerahnya akan dilihat bagaimana kinerjanya menyikapi masyarakat miskin dengan melakukan turun langsung, prospek langsung, kinerja langsung.

"Sementara tiga hal kategori miskin yaitu, miskin, fakir miskin serta janda miskin penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan bagi manusia usia lanjut (manula) tidak bekerja wajib di bantu oleh Desa.

"Dengan demikian, tidak ada lagi waktu untuk berleha - leha bagi Kepala Dusun, karena  apapun ceritanya, baik Kadus maupun Kades tugasnya sebagai pelayan dan melayani masyarakat Desa," jelas Sarwono.

Dalam hal pelaksanaan gotong - royong bersama antara masyarakat, Kadus dan Kades kata Sarwono, bertujuan untuk membangun kebersamaan agar tidak ada kesenjangan.

"Kegiatan gotong - royong akan tetap dilaksanakan, namun tergantung situasi dan target ke depan minimal dua tahun Desa Paya Pasir menjadi asri, tidak kumuh lagi, karena Desa ini merupakan Kota Kecamatan, jadi harus bisa lebih baik dari Desa lainnya," tegas Sarwono.

"Kedepannya, di sepanjang jalan protokol akan di buat pot - pot bunga termasuk pemasangan papan asmaul husna dari Dusun satu sampai Dusun tujuh. "Inilah program Desa Paya Pasir kedepan agar Desa ini asri," ucap Sarwono.




Sarwono mengingatkan, agar masyarakat secara bersama - sama menjaga dan merawat parit yang sudah di bangun pemerintah. Beliau juga menyampaikan rencananya dengan Camat akan membangun taman Kecamatan, sekaligus tempat berolah raga di setiap Dusun. "Tapi masyarakat juga harus mendukung program ini," ujar Sarwono, Kades terpilih Periode 2019 - 2025 sembari menyampaikan akan membuat himbauan kepada masyarakat untuk menangkal maraknya peredaran narkoba.

Di tempat yang sama, Kepala Dusun tiga Jalaluddin mengatakan, kegiatan gotong - royong membersihkan parit karena tersumbat dan kegiatan seperti ini akan terus di lanjutkan," katanya. (Alfian Haris/Tamsi)
Share it:

Daerah

Post A Comment:

0 comments: