AKP M.H SITORUS : "Muatan Berlebih Penyebab Kecelakaan Lalulintas, Yang Mengakibatkan Fatalitas"

Share it:
        AKP M.H Sitorus,SH Kasat Lantas Polres Pelabuhan Belawan (foto,Abd Halil)

Belawan, JournalisNews.com - Dalam rangka memantau sekaligus mensosialisasikan tentang pentingnya keselamatan di jalan raya, dan fatalnya penyebab kecelakaan akibat muatan truk yang melebihi jumlah berat yang diizinkan (JBI). Dalam hal ini Satuan Lalulintas Polres Pelabuhan Belawan memasang rambu - rambu Lalulintas disejumlah titik rawan kecelakaan. Untuk itu diharapkan kepada para awak truk baik supir maupun kernet truk dapat kiranya mematuhi peraturan yang ada, jangan membawa muatan truk yang bertonase lebih.



Hal tersebut ditegaskan Kepala Kepolisian Resor Pelabuhan Belawan Polda Sumut AKBP DR.MHD.R Dayan,SH.MH melalui Kasat Lantas Polres Pelabuhan Belawan AKP M.H Sitorus,SH kepada kru JournalisNews.com disaat pemasangan rambu - rambu Lalulintas di jalan Raya Pelabuhan, Simpang Buaya, Kampung Salam Belawan, Jum'at (14/2/2020) sekira pukul 1O.30 Wib.

"Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecelakaan yang ditimbulkan akibat muatan truk yang berlebih atau melampaui jumlah berat yang diizinkan (JBI), untuk itu kami dari Satuan Lalulintas Polres Pelabuhan Belawan sengaja memasang rambu - rambu peringatan kepada para supir truk. Tujuannya agar tidak membawa muatan berlebih," beber M.H Sitorus dalam wawancara eksklusif usai memasang rambu - rambu di persimpangan buaya, Kampung Salam Belawan.

Masih menurut mantan Kanit PJR Ditlantas Polda Sumut itu, Satuan Lalulintas Polres Pelabuhan Belawan menekankan, sesuai UU No.22 Tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan, pada Pasal 307 menyebutkan setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor angkutan umum barang yang tidak mematuhi ketentuan mengenai tata cara pemuatan, daya angkut, dimensi kendaraan sebagaiama dimaksud dalam pasal 169 (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

"Intinya, Muatan berlebih penyebab kecelakaan lalulintas, yang mengakibatkan Fatalitas," tutup M.H Sitorus dalam keterangannya. 

Liputan : Abdul Halil
Share it:

medan utara

Post A Comment:

0 comments: